Strategi Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Di SMA Negeri 1 Praya Lombok Tengah
Abstract
Tujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi implementasi kebijakan peningkatan mutu, (2) kendala implementasi kebijakan peningkatan mutu, serta (3) solusi untuk mengatasi kendala implementasi kebijakan peningkatan mutu di SMA Negeri 1 Praya Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisa data Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles and Hubberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan: menunjukkan sebagai berikut. (1) Strategi implementasi kebijakan peningkatan mutu di SMA Negeri 1 Praya telah berjalan sesuai dengan tujuan pendiriannya. 2) Kendala yang muncul dalam implementasi kebijakan peningkatan mutu yaitu: rendahnya pemahaman siswa terhadap x pentingnya pendidikan, jumlah tenaga pendidik yang belum memadai, sarana prasarana pembelajaran belum memadai, dan keadaan ekonomi orang tua siswa tergolong dalam tingkat ekonomi menengah ke bawah, (3) Solusi untuk mengatasi kendala dalam implementasi kebijakan peningkatan mutu