Kajian Aspek Utama Dalam Pelayanan Publik Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kelurahan Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa ; aspek kemampuan sumber daya manusia, Sarana dan Prasarana Administrasi Pelayanan publik, Prosedur dan Hambatan Administrasi Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bertujuan mengamati, mengetahui, mengamati fenomena sosial, serta mengembangkan konsep dalam mengatasi suatu permasalahan. Teknik analisa data Data primer dikumpulkan dengan metode wawancara (tanya jawab) yang didukung oleh narasumber sesuai kebutuhan penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari data collection, data display, data reduction dan conclusions ; drawing/verifying. Kesimpulan yang didapat yaitu Aspek sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kantor Kelurahan Turen baik dari segi jumlah dan kondisinya untuk saat sekarang dinilai cukup memadai dalam menunjang pelaksanaan administrasi pelayanan publik, namun pemanfaatan sarana dan prasana yang ada tersebut masih kurang optimal sehingga belum mampu mendukung tertib administrasi dalam pelayanan publik. Aspek Prosedur dan Hambatan Administrasi Pelayanan Publik maka kendala yang di hadapi dalam administrasi pelayanan kependudukan adalah masih cukup banyak masyarakat yang kurang mengetahui dan memahami proses dan prosedur pelayanan administrasi kependudukan.