Pentingnya Etika Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Pemerintahan Di Indonesia
etika, pelayanan publik, birokrasi
Abstract
Tercatat bahwa Indonesia memiliki sejarah rapor yang buruk dalam pelaksanaan birokrasi, khususnya pada masa Orde Baru yang menjadikan birokrasi sebagai mesin politik. Akibatnya, masyarakat diharuskan membayar biaya yang mahal. Birokrat memiliki kewenangan yang besar sehingga hampir berbagai aspek kehidupan masyarakat ditangani birokrasi. Kewenangan tersebut kemudian menonjolkan peran birokrasi sebagai pembuat kebijakan daripada pelaksana kebijakan dan lebih menguasai masyarakat daripada melayaninya. Dari dulu hingga saat ini publik selalu menuntut kualitas yang baik dalam pelayanan publik dari birokrat, meskipun tuntutan tersebut tidak selalu sesuai dengan yang diharapkan karena pada kenyataannya yang terjadi pada saat ini pelayanan publik masih kurang responsif, berbelit-belit, dan lambat. Sumber daya manusia menjadi kelemahan utama berkaitan dengan profesionalisme, kompetensi, empati, dan etika. Tulisan ini akan mengulas betapa pentingnya etika pelayanan publik pada lembaga pemerintahan khususnya di Indonesia. Keberhasilan atau kegagalan kehidupan berbangsa sebuah negara ditentukan melalui etika. Etika berperan untuk mewujudkan pemerintahan yang sesuai dengan tujuan sebuah negara.
Kata kunci: etika, pelayanan publik, birokrasi