E-LEARNING SEBAGAI APLIKASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbasis web atau e_learning di sekolah menengah kejuruan khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bhakti, Cimanggis Depok. Fokus penelitian untuk mendeskripsikan administrasi kesiswaan dan guru. Adminstrasi kesiswaan seperti perencanaan penerimaan peserta didik baru, pengelompokan peserta didik untuk pelaksanaan pembelajaran, pengenalan dengan orang tua peserta didik, sedangkan administrasi pembelajaran atau yang biasa dikenal administrasi guru adalah rangkaian aktivitas yang wajib dibuat oleh guru sebelum pelaksanaan pembelajaran seperti data isian guru, perencanaan, pelaksanan, penilaian, evaluasi, analisis dan hasil. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari wakil kepala sekolah, guru, dan karyawan tata usaha, sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan aplikasi teknologi web agar orang tua dan calon peserta didik dapat lebih mudah dan cepat dalam mengakses sumber informasi. Pengelompokan peserta didik untuk proses pembelajaran di kelas dilakukan dengan pengisian format kompetesi keahlian atau paket keahlian dan hasil isian jurusan ditetapkan oleh pihak sekolah sesuai dengan hasil tes. Pengenalan pihak sekolah dengan orang tua peserta didik dilakukan dengan mengisi instrument wawancara di awal, pertemuan dengan orang tua dua kali di tiap semester, dan kunjungan di rumah bagi peserta didik yang perlu dilakukan penanganan. Administrasi guru seperti data isian guru, perencanaan, pelaksanan, penilaian, evaluasi, analisis dan hasil dengan memanfaatkan internet sebagai manajamen pembelajaran sehingga