Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IXB MTsN 1 Mojokerto

Probrem solving, Hasil Belajar, Siswa

  • Erni Sulistiyowati
Keywords: Probrem solving, Hasil Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan  menggunakan  pendekatan Kualitatif.  Penelitian  ini  dilaksanakan terdiri dari 2 siklus dan diterapkan pada materi Perubahan Sosial Budaya dan Organisasi. Dalam melihat hasil belajar siswa yaitu dari pantauan observasi berdasarkan instrument yang berisi indikator hasil belajar siswa selama kegiatan pembelajaran. Diperoleh siklus I rata – rata hasil belajar siswa secara klasikal dengan persentase sebesar 73% dan mengalami peningkatan sebesar 6% diperoleh siklus II sebesar 79% dimana persentase yang diperoleh sudah mencapai kriteria keberhasilan sesuai dengan yang ditentukan oleh peneliti, yaitu ≥ 76%.

Published
2020-11-11
How to Cite
Sulistiyowati, E. (2020). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IXB MTsN 1 Mojokerto : Probrem solving, Hasil Belajar, Siswa. JAMAK: Jurnal Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan, 6(2), 18 - 27. Retrieved from https://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jamak/article/view/73
Section
Articles