Kajian implementasi e-learning (studi pada universitas terbuka)

implementasi e-learning, model e-learning, Universitas Terbuka

  • Anita Tri Widiyawati
Keywords: implementasi e-learning, model e-learning, Universitas Terbuka

Abstract

Permasalahan kurang aktifnya mahasiswa Universitas Terbuka dalam proses pembelajaran dengan menggunakan e-learning, permasalahan pendidikan karakter yang sangat sulit diterapkan pada pembelajaran online (e-learning) menjadi isu strategis yang butuh pengkajian. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini layak untuk dilakukan. Terkait dengan bagaimana implementasi e-learning dan pencarian model e-learning yang bisa menjawab permasalahan yang muncul dalam implementasi e-learning yang didasarkan pada teori dan tujuan sistem pendidikan nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis implementasi e-learning di Universitas Terbuka dan penemuan model e-learning baru yang menjadi solusi atas permasalahan yang muncul. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed methods. Adapun hasil penelitian menunjukkan implementasi e-learning Universitas Terbuka yaitu siapa yang mengimplementasikan dalam kategori jelas, sehingga kebijakan dan perencanaan juga dalam kategori baik, hakekat dari proses administrasi dalam kategori baik, kepatuhan dalam kategori baik, dan dampak dari pelaksanaan kebijakan adalah positif. E-learning Universitas Terbuka menggunakan moodle (modular object-oriented dynamic learning environment). Moodle ini semacam paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Sedangkan untuk model e-learning Universitas Terbuka memenuhi empat karakteristik model e-learning yang efektif. Empat karakteristik tersebut yaitu: (1) Interavtivity (Interaktivitas), (2) Independency (Kemandirian), (3) Accessibility (Aksesibilitas), dan (4) Enrichment (Pengayaan). Berdasarkan hasil kajian, dibutuhkan pengembangan model sistem PJJ (distance learning) dan pendukung sistem pembelajaran konvensional dengan menggunakan e-learning yang efektif dan efisien.

Published
2020-11-18
How to Cite
Widiyawati, A. T. (2020). Kajian implementasi e-learning (studi pada universitas terbuka): implementasi e-learning, model e-learning, Universitas Terbuka. JAMAK: Jurnal Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan, 6(1), 59-69. Retrieved from https://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jamak/article/view/81
Section
Articles