MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS CERPEN LEWAT PENDEKATAN PROSES SISWA KELAS
keterampilan menulis, cerpen, pendekatan proses
Abstract
Menulis cerpen menjadi pelajaran yang penting diajarkan kepada siswa karena menulis karya sastra termasuk di dalamnya cerpen, mengandung unsur kebebasan berekspresi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdiknas, 2003: 1219) mengartikan menulis sebagai melahirkan pikiran atau perasaan seperti mengarang dan membuat surat-dengan tulisan. Namun ketertarikan siswa untuk mengikuti pelajaran menulis cerpen masih rendah, sebab sebagian besar siswa belum mengetahui teknik/langkah-langkah menulis cerpen. Rendahnya minat dan motivasi siswa untuk menulis dikarenakan kurang adanya bimbingan dan arahan guru kepada siswa saat pelajaran pemberian tugas menulis cerpen. Melalui pendekatan proses dalam pembelajaran menulis cerpen ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis cerpen dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.