PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) KELAS IX

Pembelajaran kooperatif, TGT, aktivitas belajar

  • Puji Lestari
Keywords: Pembelajaran kooperatif, TGT, aktivitas belajar

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa tampak dari rendahnya interaksi siswa saat diskusi, rendahnya kemampuan siswa bertanya dan rendahnya siswa dalam menjawab. Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT. bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kelas IX H MTs Negeri Mojosari dalam memahami kehidupan sosial manusia melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament atau TGT. bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Interaksi siswa dalam diskusi meningkat 13,01%, kemampuan siswa bertanya meningkat 17,08% dan kemampuan menjawab meningkat 19,51%. Hasil turnamen juga mengalami peningkatan poin dari 37,2 menjadi 39,3 sehingga kenaikannya 2,1 poin.

Published
2020-10-07
How to Cite
Puji Lestari. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) KELAS IX: Pembelajaran kooperatif, TGT, aktivitas belajar. JAMAK: Jurnal Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan, 5(1), 43-50. Retrieved from https://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jamak/article/view/94
Section
Articles