https://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jamak/issue/feedJAMAK: Jurnal Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan2024-10-09T18:30:04+08:00Andika Hijrah Prasetyoandikahijrahprasetyo@yahoo.co.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">JAMAK: Jurnal administrasi, manajemen dan kepemimpinan merupakan kumpulan artikel ilmiah yang focus pada kajian ilmu administrasi, manajemen dan kepemimpinan yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu bulan April dan November. Artikel yang terpublikasi adalah hasil penelitian, hasil pemikiran, maupun containt analyisis dengan tingkat orisinilitas tinggi. Penulisan harus mengikuti sistematika yang terdiri dari bagian awal yang berisi judul yang singkat, jelas dan tidak mengandung kata yang multitafsir, mencantumkan nama penulis, alamat email dan afiliasi; abstrak yang memuat permasalahan utama, tujuan, metode pengumpulan dan analisis data, teori yang dipergunakan, signifikansi dan simpulan berupa temuan baru (novelty); bagian isi yang terdiri dari pendahuluan, pembahasan dan simpulan; serta bagian akhir yang mencantumkan referensi atau rujukan yang diacu. Teori atau pendapat yang dikutip, disajikan dalam bentuk bodynote</p>https://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jamak/article/view/136Implementasi Kebijakan Informasi Partai Politik (Studi Kasus Pada KPU Kabupaten Lombok Barat)2024-10-09T18:30:04+08:00Indarwanto Indarwantoindarwanto@waskitadharma.ac.idKurniadi Kurniadikurniadi@waskitadharma.ac.id<p style="text-align: justify;">Penelitian ini terkait Implementasi Kebijakan Informasi Partai Politik pada KPU di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan desain pendekatan kualitatif Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumentasi, kepustakaan. Data di analisis dengan metode analisis deskriptif Simpulan: Impelementasi Kebijakan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) di KPU Lombok Barat relative berjalan baik dan berhasil, dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan teori Edwards III (1980), dimana kebijakan impelementasi dipengaruhi empat variabel, yakni; (1) komunikasi, (2) sumberdaya, (3) disposisi dan kemudian (4) struktur birokrasi.</p> <p style="text-align: justify;"> </p>2021-10-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2021 JAMAK: Jurnal Administrasi Manajemen dan Kepemimpinanhttps://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jamak/article/view/137Kajian Aspek Utama Dalam Pelayanan Publik Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kelurahan Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang2024-10-09T18:29:29+08:00Lita Juniatilitajuniati@waskitadharma.ac.idShanti Yuka Andhinishantiyuka@waskitadharma.ac.id<p style="text-align: justify;">Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa ; aspek kemampuan sumber daya manusia, Sarana dan Prasarana Administrasi Pelayanan publik, Prosedur dan Hambatan Administrasi Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bertujuan mengamati, mengetahui, mengamati fenomena sosial, serta mengembangkan konsep dalam mengatasi suatu permasalahan. Teknik analisa data Data primer dikumpulkan dengan metode wawancara (tanya jawab) yang didukung oleh narasumber sesuai kebutuhan penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari data collection, data display, data reduction dan conclusions ; drawing/verifying. Kesimpulan yang didapat yaitu Aspek sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kantor Kelurahan Turen baik dari segi jumlah dan kondisinya untuk saat sekarang dinilai cukup memadai dalam menunjang pelaksanaan administrasi pelayanan publik, namun pemanfaatan sarana dan prasana yang ada tersebut masih kurang optimal sehingga belum mampu mendukung tertib administrasi dalam pelayanan publik. Aspek Prosedur dan Hambatan Administrasi Pelayanan Publik maka kendala yang di hadapi dalam administrasi pelayanan kependudukan adalah masih cukup banyak masyarakat yang kurang mengetahui dan memahami proses dan prosedur pelayanan administrasi kependudukan.</p>2023-07-29T02:58:55+08:00Copyright (c) 2021 JAMAK: Jurnal Administrasi Manajemen dan Kepemimpinanhttps://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jamak/article/view/138Kualitas Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kemampuan Administrasi Aparatur Desa Di Desa Turirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang2024-10-09T18:29:11+08:00Santi Bintara Watisanti@waskitadharma.ac.idSyamsul Sukmono Edysyamsulsukmonoedy@waskitadharma.ac.id<p>Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis kualitas kepemimpinan kepala desa dalam meningkatkan kemampuan administrasi aparatur desa di Desa Turirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bertujuan mengamati, mengetahui, mengamati fenomena sosial dalam suatu setting, serta mengembangkan konsep dalam mengatasi suatu permasalahan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara (Tanya jawab) yang didukung oleh narasumber sesuai kebutuhan penelitian. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari data collection, data display, data reduction dan conclusions ; drawing/verifying. Simpulan: Kepala desa Turirejo juga memberikan kesempatan kepada aparatur desa Turirejo untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang diselanggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten (BPMPD) Kabupaten Malang. Beberapa kegiatan Diklat yang diikuti aparatur desa Turirejo tersebut dinilai memberikan kontribusi yang cukup tinggi dalam upaya peningkatan kemampuan aparatur desa terhadap pelaksanaan administrasi pemerintah desa.</p>2023-07-29T03:15:30+08:00Copyright (c) 2021 JAMAK: Jurnal Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan