MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS CERPEN LEWAT PENDEKATAN PROSES SISWA KELAS XI MIPA-4 MAN Mojosari

  • Agus Subarkah
Keywords: keterampilan menulis, cerpen, pendekatan proses.

Abstract

Menulis cerpen  menjadi  pelajaran yang  penting  diajarkan kepada  siswa karena  menulis karya sastra termasuk di dalamnya cerpen, mengandung  unsur kebebasan berekspresi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdiknas, 2003: 1219)  mengartikan menulis sebagai melahirkan pikiran atau perasaan seperti mengarang  dan membuat surat-dengan  tulisan. Namun ketertarikan  siswa  untuk  mengikuti  pelajaran  menulis cerpen masih  rendah, sebab sebagian besar siswa belum mengetahui teknik/langkah-langkah menulis cerpen. Rendahnya minat dan motivasi siswa untuk menulis dikarenakan kurang adanya bimbingan dan arahan guru kepada siswa saat  pelajaran pemberian tugas menulis cerpen. Melalui pendekatan proses dalam pembelajaran menulis cerpen ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis cerpen dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.

Published
2021-10-29
How to Cite
Agus Subarkah. (2021). MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS CERPEN LEWAT PENDEKATAN PROSES SISWA KELAS XI MIPA-4 MAN Mojosari. JIWA, 1(1), 56-65. Retrieved from https://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jiwa/article/view/105
Section
Articles