AKUNTABILITAS PELAYANAN KEPABEANAN PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA CUKAI MALANG

  • An’nisah
Keywords: Akuntabilitas, Pelayanan, Kepabeanan

Abstract

Direktorat Jenderal Bea Cukai merupakan instansi di bawah Kementrian Keuangan yang memiliki tugas mengawasi lalu lintas keluar masuknya barang dari daerah pabaen Indonesia yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan. Pengkajian dalam penelitian ini yaitu mengenai Akuntabilitas Pelayanan Kepabeanan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif menurut Sugiyono (2013). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi Menurut Moleong (2014). Informan dalam penelitan ini adalah Staff Pemeriksa Barang TK.II, Pelaksana Pelayanan, Staff Pelaksana Pengawasan, dan masyarakat yang bertempat pada Kantor Pos Lalu Bea Malang.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akuntabilitas Pelayanan Kepabeanan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang sudah berjalan dengan baik. Ditinjau dari 3 (tiga) teknik tranparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan publik, 1. akuntabilitas kinerja pelayanan publik sudah dijalankan maksimal, 2. akuntabilitas biaya pelayanan publik sudah sesuai dengan peraturan menteri keuangan nomor 182/pmk.04/2016 tentang ketentuan impor barang kiriman, 3. akuntabilitas produk pelayanan publik sudah jelas dan dapat dipertanggungjawabkan dari segi kualitas dan keabsahan produk pelayanannya.

Published
2021-10-29
How to Cite
An’nisah. (2021). AKUNTABILITAS PELAYANAN KEPABEANAN PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA CUKAI MALANG. JIWA, 1(1), 75-93. Retrieved from https://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jiwa/article/view/107
Section
Articles