Peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pelayanan Pengembangan Pariwisata Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur

sumber daya manusia, pelayanan publik, pariwisata

  • Sutrisno
Keywords: sumber daya manusia, pelayanan publik, pariwisata

Abstract

Gejala pariwisata telah ada semenjak adanya perjalanan manusia dari suatu tempat ke tempat lain dan perkembanagannya sesuai dengan sosial budaya masyarakat itu sendiri. Motivasi dan motif perjalanan dari jaman ke jaman berbeda-beda tingkatannya, sesuai dengan perkembangan dan tingkat sosial budaya, ekonomi dan lingkungan dari masyarakat itu sendiri. Pengembangan pariwisata membutuhkan sumber daya manusia yang baik dari Pemerintah. Kinerja yang baik dapat diukur melalui produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, serta responsibilitas Dinas Pariwisata dalam pelayanannnya kepada masyarakat. Salah satu implikasinya ialah bahwa investasi terpenting yang mungkin dilkukan oleh suatu organisasi adalah dibidang SDM. Pengembanagan Kapasitas Masyarakat pada Bidang Pengemabangan Kapasitas lebih kepada bentuk pelatihan yang bersasaran kepada dua arah yaitu internal pegawai Dinas Pariwisata, dan eksternal masyarakat atau kelompok yang mngusahakan pariwisata, maupun masyarakat umum, dengan beberapa point yang mempengaruhi yaitu, Undang-undang, Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana, penghargaan (Reward), serta Sanksi (Punishment). Yang dapat menjadi faktor yang mendukung serta dapat menjadi faktor yang menghambat dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia yang dilkukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur.

Published
2020-11-11
How to Cite
Sutrisno. (2020). Peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pelayanan Pengembangan Pariwisata Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur: sumber daya manusia, pelayanan publik, pariwisata. JAMAK: Jurnal Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan, 6(2), 18 - 27. Retrieved from https://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jamak/article/view/74
Section
Articles